Kamis, 13 November 2008

Lingkungan untuk Smada

Lingkungan adalah bagian penting dalam kehidupan kita. Saat ini belum banyak orang menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup. Pengrusakan lingkungan yang terus terjadi, dulu memang belum begitu dirasakan akibatnya, namun sekarang orang baru bisa merasakan dampak dari penebangan hutan secara liar, polusi udara, polusi suara, polusi air yang semuanya itu merusak lingkungan. Dan akibatnya banyak bencana yang terjadi dimana-mana, yang paling terasa di seluruh dunia adalah pemanasan global, dan terakhir di kota Bojonegoro adalah terjadi banjir.

Jika tidak ada kesadaran tentang pentingnya lingkungan dari sekarang, maka tahun-tahun kedepan bencana alam akan semakin melanda disaat musim kemarau kekeringan dan musim penghujan kebanjiran. Kesadaran akan pentingnya lingkungan harus ditanam sejak kecil sampai SMA sekalipun. Untuk SMA, sudah bukan rahasia lagi kalau anak-anak SMA itu kurang perhatian terhadap lingkungan. Biasanya, asal saja membuang sampah.dan coretan-coretan dipagar dinding ataupun meja kursi. Untuk itu siswa-siswa SMAdaBO harus bisa memulai gerakan penghijauan atau peduli terhadap lingkungan sekolah.

Dengan berdasar kepada pentingnya lingkungan hidup untuk sekarang dan untuk masa mendatang, siswa SMAdaBO harus bisa melakukan gerakan penghijauan SMAdaBO, gerakan tersebut bertujuan untuk :

  1. Melakukan penghijauan di lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan yang sehat.
  2. Menyadarkan siswa dan masyarakat, betapa pentingnya lingkungan untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lain.
  3. Menyegarkan udara di lingkungan sekolah dengan penanaman pohon.
  4. Menjaga lingkungan SMAdaBO agar tetap lestari dan bisa mencegah bencana.
  5. Bisa menjadi contoh yang baik untuk sekolah –sekolah lain yang ingin melakukan gerakan penghijauan.

Secara umum pengertian dari lingkungan hidup itu sendiri adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita, baik di rumah, di sekolah di jalan, dan dimanapun kita berada. Sedangkan menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai berikut :

  1. Daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.
  2. Keadaan/kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup.
  3. Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup, terutama:
    1. Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup.
    2. Gabungan dari kondisi sosial and budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu mahluk hidup atau suatu perkumpulan/komunitas mahluk hidup.

Dengan begini, sangatlah penting menjaga lingkungan SMA tetap segar dan nyaman, agar siswa menjadi betah di sekolah dan proses belajar mengajar bisa berlangsung secara kondusif. Jika lingkungan sekolah terus dibiarkan rusak, maka otomatis keadaan di sekolah menjadi panas dan membosankan sehingga proses belajar mengajar menjadi terganggu.

Dan untuk mewujudkan gerakan penghijauan SMAdaBO ( SMAdaBO Green Action ) tersebut maka ada langkah – langkah yang harus dilakukan yaitu :

  1. Harus ada kesadaran diri dari setiap individu siswa tentang pentingnya lingkungan hidup dan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
  2. Melakukan pembersihan di luar maupun di dalam kelas.
  3. Melakukan pemusnahan terhadap sampah – sampah yang tidak bisa membusuk ( anorganik ).
  4. Melakukan penanaman pohon penghijauan di lahan – lahan kosong yang ada di lingkungan sekolah.
  5. Menjaga dan terus merawat lingkungan sekolah agar tetap terjaga kelestariannya.
Dengan melakukan langkah-langkah tersebut gerakan penghijauan dan pelestarian lingkungan di SMAdaBO bisa terwujud

0 komentar: