Jumat, 14 November 2008

Budayakan Kendaraan Umum

Sekarang di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung atau kota besar lainnya, pasti takkan pernah lepas dari kata macet. Setiap berita lalu lintas ibu kota atau kota besar lainnya pasti tersiar kabar tentang kemacet. Apalagi jika pada hari-hari besar yang banyak digunakan untuk mudik. Para pemudik seringkali menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Sehingga kemacetan tidak bisa dihindari. Selain itu polusi udara juga bertambah. Dan yang lebih parah resiko kecelakaan lalu lintas menjadi semakin besar.

Para pengguna jalan memang banyak yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dari pada kendaraan umum. Mungkin karena dianggapnya kendaraan pribadi lebih cepat dan tidak berhenti disetiap tempat seperti kendaraan umum. Selain itu juga lebih aman dari pencopet yang sering beraksi di dalam kendaraan umum. Karena itu kendaraan pribadi lebih dipilih tanpa memikirkan kemacetan akan terjadi. Jika setiap tahun volume kendaraan yang ada di jalan terus bertambah maka secara otomatis jalan akan semakin padat dan kemacetan akan sering terjadi.

Para pengguna jalan juga tak memikirkan hal-hal negative lain yang akan terjadi misalnya polusi udara dan kecelakaan lalu lintas. Jika kendaraan di jalan terus menerus bertambah otomatis asap kendaraan juga bertambah yang akan menimbulkan polusi yang akan mencemari udara, dan yang lebih parah bisa menimbulkan pemanasan global.

Akibat dari banyaknya penggunaan kendaraan pribadi yang paling parah dan bertambah terus setiap tahun adalah kecelakaan lalulintas. Kecelakaan ini sering sekali menyebabkan kematian dan sering terjadi pada kendaraan bermotor yang jumlahnya tak pernah kurang. dan jumlah angka terbanyak terjadi pada waktu mudik hari-hari besar,

Sudah saatnya para pengguna jalan beubah, beralih pada kendaraan umum. Karena selain labih murah, kendaraan umum juga akan mengurangi polusi udara, dan juga mengurangi resiko kecelakaan. Pemerintah harus berperan dalam hal ini, misalnya meningkatkan keamanan di dalam transportasi umum, menambah atau memperbaiki fasilitas umum. Agar para pengguna kendaraan umum merasa lebih aman dan nyaman.


0 komentar: