Sabtu, 28 Februari 2009

Tugas ZZ 1 : Aku Diam dan Aku Menulis

Menulis Menurutku cuma masalah kebiasaan dan niatan. Tergantung apakah kita niat untuk jadi penulis atau tidak. Selain itu memperbanyak kosakata adalah hal yang wajib bagi penulis. Karena penulis tidak boleh sampai kehabisan kata-kata, caranya ya Cuma satu. Membaca. Dan ingat, tidak ada penulis yang langsung jadi bestseller dalam sekali tulis. Pasti berawal dari proses belajar dan menjadi kebiasan. Memang pada awalnya menulis adalah pekerjaan yang sulit. Sulit cari inspirasilah, idelah, temalah. Tapi teruslah mencoba untuk menulis. Dan semua itu akan terasa lebih mudah. Jadi jika sudah terbiasa tinggal masalah ada waktu atau tidak.
Kalau dibilang suka duka menulis pasti ada. Karena bagaimanapun menulis adalah pekerjaan yang memerlukan ketajaman logika dan kedalaman perasaan. Jadi menulis jangan dianggap enteng dulu. Jadi pasti ada suka dukanya.
Sukanya adalah saat tulisan kita dibaca orang dan mendapat komentar yang wangi. Apalagi kalau tulisan kita bisa sampai masuk Koran, majalah atau bahkan menang lomba. Pasti hati ini akan merasa puas dan ingin terus berkarya lagi.
Dan yang pasti dukanya adalah lawan dari suka itu. Memang hati ini jadi lesu bila tulisan kita mendapat komentar yang pedas. Apalagi jika tidak dibaca sama sekali.tapi buatlah semua itu sebagai semangat dan motivasi untuk berkarya yang lebih lagi.
kalau untuk kesulitan dalam proses membuat tulisan, ya pasti ada juga. Biasanya karena tulisan yang saya buat terlalu banyak, jadi terlambat deadline. Kalau tidak ya masalah mata, yaitu kantuk. Kalau sudah begitu ya terpaksa kita yang kalah. kesulitan ide, gagasan, inspirasi? menurut ahlinya semua itu bisa kita lawan dengan selalu menjaga suasana hati atau mood agar tetap selalu baik.
menulis selalu memotivasiku untuk menjadi lebih baik. semua yang aku pikirkan yang tak bisa ku katakan bisa ku ungkapkan melaui menulis. beban pikiranku terasa lepas saat aku menulis. bahkan saat aku sangat kecewa, sangat marah, aku akan mencoba untuk menulisnya. dari pada menghabiskan tenaga dan pahala. lebih baik kutulis saja. tak akan rugi, malah akan mengajari kita untuk lebih dewasa. aku akan tenang, karena aku akan diam saat menulis. aku akan mencoba bermain logika dan perasaan.
Menulis adalah pekerjaan yang tidak akan merugikan kita. Kita akan mampu berkaca kembali pada tulisan kita yang dulu. Kita akan bisa tersenyum jika melihat tulisan kita yang dulu. Bagaimana dulu saat baru belajar menulis. Bagaimana dulu banyak kata-kata yang salah tulis, salah tanda, salah struktur dan yang Lain. Bahkan bisa menjadi kenangan hidup yang tidak akan terlupakan.

0 komentar: