Selasa, 21 April 2009

Tugas ZZ : Meski Sudah Menang, Masih Jawab 1 Pertanyaan

Semi final Lomba Cerdas Cermat wawasan Kebangsaan tingkat SLTA sekabupaten Bojonegoro, Jum’at (17/04), mencatatkan kemenangan SMADABO atas lawan tangguhnya SMAPABO. Bertempat di radio Malowopati FM, pertandingan yang berlangsung satu jam itu berlangsung sengit. Penonton heboh memberikan dukungan atas timnya masing-masing. Tim SMADABO yang beranggotakan Bactiar II IA 1 (ketua), M. Faris Al Hakim II IA 1 (anggota), Elaine X1 (anggota), berhasil mengungguli lawannya dengan selisih poin 350. Bagaimanakah serunya pertandingan ini ?

Babak pertama, season pertanyaan wajib, sepuluh pertanyaan diberikan kepada masing-masing regu. Dengan penuh semangat tim dari SMAPA menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pembawa acara, tetapi tim SMADA berhasil mencuri tiga pertanyaan yang gagal dijawab kontingen SMAPA. Tetapi kontingen SMADA menyapu bersih semua pertanyaan tanpa menyisakan poin untuk SMAPA. Kedudukan akhir babak pertama 650-850, untuk keunggulan SMADABO.

Babak yang paling menegangkan, babak adu cepat. Sepuluh pertanyaan diajukan, bisa menjawab 100 poin, dan gagal dikurangi 100 poin. Peserta dan penonton terdiam tegang dan konsentrasi penuh saat setiap pertanyaan dibacakan. Empat pertanyaan awal dijawab tim SMADABO sepeti suara monolog. Juri membacakan soal, bel berbunyi, tim menjawab, juri berseru “betul!”, penonton bersorak, SMAPA pun tertinggal. Tak mau kalah tim SMAPA mempercepat tempo menekan bel beberapa poin pun di dapat. Meski sudah tau mereka menang walau tidak menjawab pertanyaan, tetapi tim SMADABO tetap menunjukan kuasanya dengan menjawab pertanyaan terakhir oleh M. Faris Al Hakim. Kedudukan akhir SMAPA 900, SMADA 1250.

Sebenarnya kedua tim sama-sama tangguh, tetapi tim SMADABO lebih unggul karena mereka tak hanya bertumpu pada ketua seperti pada tim SMAPABO. Mereka menjawab secara yakin dan bergantian, karena mereka tau, nama SMA 2 Bojonegoro tak hanya ditanggung oleh satu orang saja, bahkan penonton juga sebagai peserta keempat. Tanpa wajah sombong dan tetap tersenyum, para kontingen SMA 2 bersalaman dengan kontingen SMA 4. Dengan bangga para pembimbing, Pak Mukhsin sebagai wali kesisiwaan, Pak Anam, Pak Nugroho dan Pak Sis menyalami anak-anak didiknya tersebut. “Sebenarnya tidak ada bedanya ketiga peserta dengan siswa yang lain, tapi yang kami lihat adalah prestasi akademik, mereka juga disiplin mau berusaha dan rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk terus belajar”. Ujar Pak Sis selaku pembimbing saat di tanya mengapa memilih mereka bertiga sebagai peserta.

“Kami diberi pelatihan dua kali dalam seminggu, tak lupa juga kami berdo’a agar bisa menang. Kami juga tidak menyangka dan senang sekali bisa menang dalam pertandingan ini.” Kata Elaine yang juga sekaligus anggota redaksi ZZ. Tim SMA 2 adalah tim pertama yang masuk final, tinggal menunggu dua tim lagi, mereka akan berlaga di final pada tanggal 1 Mei besok. Semoga mereka bisa mengukir nama SMA 2 di tingkat tertinggi dalam lomba tersebut.

0 komentar: